Minggu, 30 Desember 2012

NASIONALISME

Nasionalisme,mungkin adalah hal yang sering kita pikirkan di negeri ini.Negeri dengan jumlah penduduk mencapai 259.940.857. Jumlah ini terdiri atas 132.240.055 laki-laki dan 127.700.802 perempuan yang dihitung sejak 31 Desember 2011.Dan mempunyai sekitar 726 jenis bahasa daerah.Serta dengan 1128 suku bangsa.
Nasionalisme adalah paham (ajaran) untuk mencintai bangsa dan negara sendiri,sifat kenasionalan:makin menjiwai bangsa Indonesia; kesadaran keanggotaan dl suatu bangsa yg secara potensial atau aktual bersama-sama mencapai, mempertahankan, dan mengabadikan identitas, integritas, kemakmuran, dan kekuatan bangsa itu; semangat kebangsaan.
Sekarang ini sedang marak-maraknya barang-barang impor dari berbagai negara di belahan dunia mulai dari kebutuhan pokok hingga barang-barang komunikasi.Dan sekaranag banyak anak muda maupun tua yang sangat suka dengan barang-barang impor itu.Contohnya saja,saat ada diskon buat Handphone blackberry.Ribuan orang rela antri hingga berdesak-desakan.Saat di pasar,banyak yang bilang bahwa kangkung Cina lebih enak,Jeruk Bangkok lebih besar.Dan saat kita berbicara dengan teman,ada yang berkata bahwa dia akan bekerja di Negeri Orang demi gaji yang besar.
Menurutku, itu adalah beberapa persepsi yang keliru saat ini.Menurutku, hal yang paling utama harus kita lakukan adalah bagaimana kita bisa mengharumkan nama bangsa ini hingga menjadi bangsa yang besar.Ini merupakan salah satu tugas anak muda zaman sekarang,seperti kutipan Bung Karno yang berbunyi "Seribu orang tua hanya dapat bermimpi, satu orang pemuda dapat mengubah dunia." (1).
Dan hal yang paling penting untuk dapat meningkatkan rasa nasionalisme kita adalah dengan percaya dan mencintai barang-barang buatan kita yang tidak kalah bagus dan terjangkau dengan barang asing.Seperti kutipan Bung Karno pada saat pidato HUT Proklamasi 1963 yang berbunyi  "Bangsa yang tidak percaya kepada kekuatan dirinya sebagai suatu bangsa, tidak dapat berdiri sebagai suatu bangsa yang merdeka." (2)
Catatan Kaki :

http://brilliandwi.blogspot.com/2012/04/contoh-karangan-argumentatif.html#ixzz2GXlN0vMw

Tidak ada komentar:

Posting Komentar