Rabu, 22 Desember 2010

Tugas manajemen


Manajemen adalah  sebuah  kegiatan mengatur atau pengolahan  untuk mencapai sebuah tujuan yang telah ditetapkan dengan memanfaatkan sumber daya manusia dan sumber daya lainnya, dengan menggunakan beberapa proses diantaranya planning, organizing, actuating dan controling.

Fungsi-fungsi manajaemen :
·         Planning yaitu sebuah kegiatan perencanaan untuk menetapkan sebuah target yang ingin dicapai
·         Orgiinizing yaitu pengorganisasian atau pengelompokan  seperti misalnya pekerjaan.
·         Actuating yaitu  pengarahan dalam melaksanakan kegiatan agar semua anggota dapat melaksanakan kegiatannya masing-masing
·         Controling yaitu kegiatan pengendalian untuk mengoreksi kegiatan seperti misalnya menetapkan standar dan metode

Keterampilan manajemen :
·         Keterampilan konseptual : kemampuan untuk mengintegrasikan kegiatan organisasi
·         Keterampilan kemanusiaan : keterampilan untuk bekerja dalam memahami dan motivasi
·         Keterampilan admisitrasi : kemampuan untuk mengatur administrasi
·         Keterampilan teknik : kemampuan dalam menggunakan teknik dan metode

Bentuk-bentuk organisasi :
·         Organisasi lini (garis) : dimana terdapat garis tanggung jawab mulai dari yang paling atas hingga bawah
·         Organisasi  garis dan staff : terdapat garis tanggung jawab mulai dari yang paling atas hingga bawah serta adanya peran staff yang berfungsi memberi masukan kepada perusahaan
·         Organisasi fungsional : organisasi yang mengatur agar para anggotanya mengerjakan fungsinya, wewenang serta tanggung jawab sebagaimana yang telah digariskan
·         Organisasi matrix : organisasi ini digunakan menyelaraskan antara pekerjaan dasar dan pekerjaan tertentu agar keduanya terselesaikan

Konsep inti pemasaran menurut Philip Kotler :
Pertama bermula dari kebutuhan  yang menimbulkan sebuah keinginan lalu adanya permintaan akan produk yang dibutuhkan, setelah itu adanya pertukaran agar barang atau jasa yang diinginkan dapat terpenuhi kemudian adanya transaksi. Semua terjadi didalam sebuah tempat yang terdiri dari beberapa penjual dan pembeli yaitu pasar.

Konsep manajemen pemasaran :
·         Konsep produksi : konsep untuk mengatur efisiensi produksi maupun distribusi
·         Konsep produk : konsep dalam perbaikkan dalam produk menanisme
·         Konsep penjualan : konsep dalam berpromosi
·         Konsep pemasaran : konsep untuk selalu bertindak inovatif agar tidak tersaingi dengan pesaing lain
·         Konsep pemasaran kemasyarakatan :  konsep untuk meningkatkan kesejahteraan konsumen dan masyarakat

Pemasaran adalah  sebuah kegiatan usaha dalam melakukan perpindahan barang atau jasa dari produsen kepada konsumen, dalam arti lain pemasaran dapat disebut juga sebagai proses promosi.

Tujuan sistem pemasaran :
·         Memaksimalkan konsumsi untuk mencapai kemakmuran
·         Memaksimalkan kepuasan konsumen
·         Memaksimalkan variasi produk
·         Memaksimalkan kualitas hidup

Tidak ada komentar:

Posting Komentar