Sabtu, 07 Mei 2011

kenampakan alam indonesia


Indonesia terdiri atas wilayah daratan dan lautan. Tahukah kamu, berapa luas daratan Indonesia? Luas daratan Indonesia yaitu 1/3 luas wilayah Indonesia atau sekitar 3,2 juta km2. Adapun luas lautan Indonesia adalah 2/3 luas wilayah Indonesia. Jadi, wilayah perairan Indonesia lebih luas dibanding daratannya. Oleh karena itu, Indonesia disebut negara maritim.
Luas wilayah daratan Indonesia menempati urutan pertama di antara negara-negara Asia Tenggara. Indonesia disebut juga negara kepulauan. Jumlah pulau di Indonesia sekitar 17.508 pulau. Dari jumlah tersebut baru sekitar 981 pulau yang sudah berpenghuni. Sekitar 11.464 pulau sudah diberi nama. Jumlah pulau itu bukan bertambah, melainkan berkurang.
Masih ingat Pulau Sipadan dan Pulau Ligitan? Pulau yang menjadi sengketa Indonesia dengan Malaysia itu sekarang menjadi milik Malaysia. Bila dilihat dari satelit, wilayah Indonesia terlihat sangat indah. Ribuan pulau terbentang berjajar hijau di sepanjang garis khatulistiwa. Itulah alasan mengapa Indonesia mendapat julukan zamrud khatulistiwa. Masih ingat letak Indonesia secara geografis? Secara geografis, Indonesia terletak di antara dua samudra dan dua benua. Coba kamu ingat, samudra dan benua apakah itu? Wilayah Indonesia yang luas ini dibagi menjadi empat kelompok besar gugus kepulauan. Gugus kepulauan tersebut adalah sebagai berikut.
  1. Sunda Besar
    Sunda Besar merupakan kelompok kepulauan yang terdiri atas Pulau Jawa, Pulau Sumatra, Pulau Kalimantan, Pulau Sulawesi, dan pulau-pulau kecil di Sekitarnya
  2. Sunda Kecil
    Sunda Kecil merupakan kelompok kepulauan yang terdiri atas Pulau Bali, Pulau Lombok, Pulau Sumbawa, Pulau Flores, Pulau Solor, Pulau Alor, dan pulau-pulau kecil di sekitarnya.
  3. Pulau Irian (Papua)
    Kelompok Papua terdiri atas Pulau Irian Jaya dan pulau-pulau di sekitarnya, seperti Pulau Yos Sudarso, Pulau Salawati, dan lain-lain
  4. Kepulauan Maluku
    Kepulauan Maluku terdiri atas Pulau Seram, Pulau Ambon, Pulau Buru, Pulau Morotai, Pulau Tanimbar, Pulau Halmahera, Pulau Sula, Pulau Ternate, Pulau Tidore, Pulau Babar, dan Kepulauan Aru. Wilayah Indonesia terbentang dari Sabang sampai Merauke. Indonesia mempunyai kenampakan alam yang beragam. Kenampakan alam meliputi semua lingkungan yang ada di permukaan bumi. Kenampakan alam ada tanpa campur tangan dan perencanaan manusia. Kenampakan alam merupakan karunia Tuhan Yang Maha Esa. Semua itu wajib kita syukuri.  Pernahkah kamu ke pantai? Pantai merupakan salah satu contoh kenampakan alam. Berikut ini beberapa contoh kenampakan alam.
  5. Laut
    Laut berupa kumpulan air asin yang menggenangi dan menjadi penghubung daratan.Kedalaman laut tidak sama. Ada laut yang dalam dan ada laut yang dangkal. Masih ingatkah kamu bagaimana membedakan laut dangkal dengan laut dalam pada peta?
  6. Pantai
    Pantai yaitu daratan yang berbatasan langsung dengan laut. Kenampakan alam pantai dapat dikelompokkan menjadi dua jenis. Ada pantai yang landai dan pantai curam. Pantai yang landai banyak dimanfaatkan sebagai daerah wisata. Coba carilah, tempat wisata pantai yang terdekat dengan tempat tinggalmu?
  7. Dataran Rendah
    Dataran rendah akan kamu temui setelah meninggalkan pantai. Dataran rendah merupakan kenampakan alam daratan. Ketinggiannya kurang dari 200 m. Pada umumnya, dataran rendah dimanfaatkan sebagai tempat beraktivitas. Selain itu, sebagai permukiman penduduk. Banyak kota-kota besar di Indonesia didirikan di wilayah dataran rendah. Misalnya Medan, Jakarta, Surabaya, Pontianak, Makassar, dan Jayapura.
  8. Dataran Tinggi
    Sekarang, marilah kita lanjutkan perjalanan ke daerah yang lebih tinggi. Dataran tinggi merupakan salah satu kenampakan alam. Dataran tinggi banyak dimanfaatkan untuk perkebunan dan tempat peristirahatan. Udara di sana sejuk dan segar. Dataran tinggi terletak di ketinggian antara 200 m – 500 m. Banyak provinsi di Indonesia yang mempunyai wilayah dataran tinggi. Misalnya Berastagi di Sumatra Utara, Puncak di Jawa Barat, Tawangmangu di Jawa Tengah, dan Malang di Jawa Timur.
  9. Gunung
    Wah, perjalanan kita sampai ke wilayah gunung. Gunung adalah tonjolan permukaan bumi. Ketinggiannya lebih dari 500 m di atas permukaan laut. Di Indonesia terdapat banyak gunung. Ada yang masih aktif atau disebut gunung berapi. Ada pula gunung yang tidak aktif atau gunung tidak berapi. Kenampakan alam gunung ada yang landai yaitu dengan kemiringan 5o. Ada gunung yang curam dengan kemiringan 45o. Ada pun gunung tegak memiliki kemiringan antara 50o–90o.
  10. Pegunungan
    Apakah tempat tinggalmu berada di wilayah pegunungan? Udara di pegunungan cukup sejuk dan nyaman, bukan? Pegunungan adalah kelompok beberapa gunung dengan ketinggian yang berbeda-beda. Daerah pegunungan banyak dimanfaatkan sebagai tempat rekreasi dan permukiman. Selain itu, pegunungan juga dimanfaatkan sebagai area pertanian.
  11. Sungai
    Sungai adalah sebuah aliran air tawar yang mengalir dari sumbernya menuju ke danauataupun laut. Sungai membantu aktivitas kehidupan penduduk sehari-hari. Apakah masyarakat ditempat tinggalmu juga banyak yang menggunakan sungai untuk aktivitas keseharian? Wilayah negara kita mempunyai banyak sungai. Di Pulau Sumatra terdapat Sungai Asahan, Sungai Musi, Sungai Batanghari, Sungai Siak, dan Sungai Way Kambas. Di Kalimantan terdapat Sungai Mahakam, Sungai Kapuas, dan Sungai Barito. Di Jawa terdapat Sungai Citarum, Sungai Citandui, Sungai Bogowonto, dan Sungai Brantas. Apa nama sungai di dekat tempat tinggalmu?
  12. Danau
    Danau yaitu cekungan yang berisi air dan dikelilingi daratan. Air danau berasal dari air hujan, sungai, dan mata air di pegunungan. Danau mempunyai banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Danau bisa dimanfaatkan sebagai tempat pariwisata, PLTA, perikanan, irigasi, dan untuk kelestarian alam. Pernahkah kalian pergi ke danau? Danau banyak dimanfaatkan sebagai objek wisata. Banyak wisatawan yang berkunjung, baik mancanegara maupun domestik. Berdasarkan asalnya, danau dapat dikelompokkan sebagai berikut.
    1. Danau vulkanik Danau ini muncul akibat terjadinya gunung meletus.
    2. Danau tektonik Danau ini muncul karena patahan atau gempa bumi.
    3. Danau ada yang muncul karena jatuhnya benda langit di permukaan bumi, misalnya meteor.
  13. Selat
    Masih ingatkah kamu kalau wilayah Indonesia berbentuk kepulauan? Ribuan pulau sambung-menyambung membentuk satu kesatuan wilayah. Pulaupulau itu dihubungkan oleh selat. Nah, inilah yang membuat Indonesia mempunyai banyak selat. Jadi, selat adalah laut sempit yang menghubungkan dua pulau. Selat juga merupakan pintu gerbang. Keluar masuknya kapal-kapal dari dan menuju perairan lepas (laut dan samudra) melewati selat.
  14. Teluk
    Teluk yaitu bagian dari laut yang menyempit dan masuk ke wilayah daratan. Pada masa lalu teluk berfungsi sebagai pelabuhan laut alami. Dan, karena letaknya agak terlindung masuk ke daratan, maka pada masa perjuangan teluk sering dipakai sebagai tempat pengintaian dan persembunyian para pejuang. Beberapa teluk terkenal di Indonesia antara lain Teluk Cendrawasih di Papua, Teluk Penyu di Jawa Tengah, Teluk Tapanuli di Sumatra Utara, dan Teluk Bone di Sulawesi Tengah.
  15. Tanjung
    Tanjung merupakan salah satu kenampakan alam. Tanjung berupa kenampakan alam kebalikan dari teluk. Pasti kamu sudah bisa membayangkan apa yang dimaksud tanjung. Ya, tanjung adalah bagian dari daratan yang menjorok ke laut. Beberapa tanjung terkenal di Indonesia di antaranya Tanjung Lesung di Banten dan Tanjung Kodok di Jawa Timur. Adakah tanjung di dekat tempat tinggalmu? Pernahkah kamu berkunjung ke tanjung tersebut?

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar